Halaman

Sabtu, 14 April 2018

I Love Math (10)

Bismillah....

Hari terakhir challenge...rasanya lega bisa memyeselaikan menuliskannya hingga hari kesepuluh walaupun jauh dari kata bagus bahkan ala kadarnya setidaknya saya berusaha membunuh rasa malas dan rasa tidak yakin pada diri saya bahwa saya bisa menyelesaikannya hingga hari ke sepuluh.

Hari ini kita pergi ke pasar, lalu pulangnya mampir membeli buah apel, mangga dan jeruk. Nah, belajar kita hari ini berhubungan dengan apel, mangga dan jeruk. Kita belajar konsep berat dan ringan. Sepulang membeli buah, buah-buahan yang tadi kami beli masih tergeletak di lantai samping kulkas lalu sama kakak di buat mainan. Pura-puranya si kakak jadi pembeli dan ibu jadi penjualnya. Kakak bertanya, "Apel sekilo berapa buk?" "Rp 50.000,00 kak." Jawab saya. Lalu kakak memasukkan apel ke dalam kantong plastik dengan menambahkan beberapa buah jeruk hingga hanya tersisa tiga buah jeruk di kantong plastik yang sebelumnya berisi buah jeruk. Karena berpura-pura jadi pembeli setelah mendapatkan apel dan jeruk, pura-puranya kakak pulang ke rumah dengan menaiki sepedanya. Apel campur jeruk tadi digantungkan di stir sebelah kiri dan jeruk yang tinggal 3 buah disebelah kanan dan ternyata sepedanya jadi oleng karena berat sebelah sampai kakak terjatuh.

Sepeda kakak sudah mulai oleng karena beban yang tidak seimbang

Kakak menggantungkan apel dan jeruk di sepedanya 

Sepeda kakak terguling karena oleng

Setelah berdiri lagi, saya berkata ke kakak "Wah, sepedanya oleng ya kak, karena berat sebelah." "Berat sebelah?" Kata kakak dengan penuh tanya. "Iya kak, apel ditambah jeruk lebih berat dari jeruk saja." Kata saya menjelaskan. "Coba sekarang kakak pegang kantobg plastiknya pakai tangan terasa berat kan apelnya?" Kata saya lagi. Kakak lalu mengambil kantong plastik berisi apel dan jeruk, "Iya buk, berat." Kata kakak kemudian. "Sekarang coba kantong satunya. Gak berat kan?" Pinta saya lagi. "Iya." Jawab kakak. "Nah, itu namanya ringan sayang." Kata saya menjelaskan lebih lanjut. "Ringan buk?" Kakak mengulang kata-kata saya sambil tersenyum.


#Tantangan10Hari
#Level6
#KuliahBunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

Tidak ada komentar:

Posting Komentar